Rekam Jejak Perjalanan Dunia Wisata 2016

Posted by

Tahun 2016 merupakan tahun yang ramai dengan peristiwa pariwisata yang berdampak positif dan negatif. Kenangan membanggakan serta insiden didalam dunia traveling. Ada tidak sedikit peristiwa dunia yang berpengaruh pada pariwisata Indonesia juga global. Sepanjang salah satu media ternama mengumpulkan rekam jejak peristiwa didalam dunia wisata dari Januari hingga Desember. Siapa tahu terdapat momen yang mana kamu ikut andil di dalamnya. Tahun 2016 merupakan tahunnya pemerintah menebar bermacam-macam jenis strategi tuk menggaet wisatawan dalam dunia wisata. Targetnya adalah 12 juta wisatawan mancanegara lho, bukanlah jumlah yang minim. Tapi mereka optimistik dalam menggaet turis ini.

Presiden Jokowi serta Menpar Arief Yahya mengawali 2016 dengan tahun baruan di wisata resort Raja Ampat. Lalu kita tahu beberapa persiapan membentuk badan otoritas pariwisata. Infrastruktur bandar udara dipercantik di beraneka destinasi, sejumlah aturan dipangkas, free visa diharapkan mencetak wisman dan melimpah lagi. Aneka festival pun bertebaran didalam negeri dari Provinsi Aceh sampai Provinsi Irian Jaya, ada banyak sekali peristiwa budaya yang menarik tuk diikuti oleh wisatawan. Banyak pula aktivitas promosi Indonesia dari London hingga Timur Tengah. Sedangkan pameran-pameran pariwisata pun makin marak memadati promosi destinasi didalam dan luar negeri.

Tapi, beberapa insiden pun mewarnai 2016 juga berdampak langsung dan tak langsung tuk dunia pariwisata. Geger dari Bom Thamrin di Jakarta sempat menciptakan rasa was-was, takutnya menjadikan wisatawan takut, tapi bisa diatasi. Lantaran teror serupa di Belgia sekian bulan berselang cukup mengganggu wisata di sana. Ada pula beberapa kasus vandalisme di dunia pwisata Indonesia yang mengundang rasa prihatin seperti perusakan bunga bangkai di wisata Cibodas dan karang-karang dibawah laut Bali. Maknanya, edukasi wisatawan masih jadi pekerjaan rumah yang vital.

Tahun 2016 juga merupakan tahun penuh prestasi buat Indonesia. Negeri ini merengkuh beraneka apresiasi internasional dari beraneka lembaga serta organisasi internasional. Yang cukup dahsyat ialah Indonesia memborong nyaris seluruh penghargaan wisata halal dunia. Bukanlah cuma pemerintah yang mengatur masyarakat saja yang dapat penghargaan, akan tetapi para pelaku wisata yang ikut andil dari maskapai hingga tempat rekreasi mendapat pengakuan dari dunia. Ini jelas merupakan kebanggaan bagi setiap orang. Tahun wisata 2016 ialah tahun yang penuh dengan warna-warni. Tahun kemarin menandai makin tumbuhnya pergerakan wisatawan Indonesia. Bukan hanya berkeliling dunia, tapi kita sebagai saksi tumbuhnya kecintaan kepada pariwisata didalam negeri. Area-area baru tampak dan destinasi-destinasi baru memadati media sosial sekarang. Harapannya tentu seluruh kegiatan traveling ini menjadikan para pelakunya bisa meresapi kebahagiaan piknik dan perjalanan, makin mencintai Indonesia, menghujam sekat budaya dan menikmati kontak lintas komunitas. Uang juga berputar dari rumah makan hingga toko suvenir. Kita lagi bicara tentang pergerakan manusia di berbagai destinasi wisata serta dampak hebat yang ditimbulkannya. Hindari kurang piknik, jangan berhenti traveling dan jangan suntuk mencintai Indonesia. Selamat jalan tahun 2016, dan selamat tahun 2017 yang sarat dengan rencana petualangan semakin spektakuler!

Leave a Reply

Your email address will not be published.